Home Logo

PU-net

Slide 1

Tata Cara Pengajuan Saran dan Pengaduan


Saran dan Pengaduan merupakan sarana yang disediakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bagi masyarakat untuk menyampaikan masukan, pengaduan, keluhan, sumbangan pikiran, gagasan, serta saran yang bersifat membangun terkait infrastruktur bidang ke-PUPR-an.

Berdasarkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum nomor: 323/PRT/M/2005 tentang Tata Cara Penanganan Masukan Dari Masyarakat di Lingkungan Departemen Pekerjaan Umum

Untuk mengajukan Saran dan Pengaduan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, pemohon harus memenuhi persyaratan sebagai berikut :

  1. Pengajuan Saran dan Pengaduan dapat dilakukan secara tertulis atau tidak tertulis
  2. Pemohon wajib menyertakan Identitas Pemohon yang sah, yaitu:
    • Nama dan alamat pemberi masukan dengan melampirkan fotokopi Kartu Tanda Penduduk atau identitas diri yang lain yang masih berlaku; dan/atau
    • Keterangan/uraian mengenai permasalahan dan tempat kejadian yang dilengkapi dengan informasi lainnya.
  3. Dalam hal permohonan diajukan secara tertulis, pemohon mengisi formulir permohonan (Download Formulir disini);
  4. Tim Sekretariat PPID wajib memastikan formulir permohonan yang telah diberikan nomor pendaftaran sebagai tanda bukti permohonan Informasi Publik diserahkan kepada Pemohon Informasi Publik.
  5. Permohonan informasi akan ditindaklanjuti setelah semua persyaratan pemohon diterima

Pemohon juga dapat memberikan Saran dan Pengaduan Terkait Lingkup Kerja BBPJN XIII Makassar melalui Sistem Informasi Pelayanan Unit Terpadu (SIPUT ONLINE) pada link di bawah ini :

http://siputbbpjn13.binamarga.pu.go.id/saran-dan-pengaduan.php

Saran dan Pengaduan Kementerian PUPR dapat diakses melalui link berikut

https://pengaduan.pu.go.id/